Minggu, 14 April 2013

Contoh Pengaruh Budaya Barat Terhadap Kehidupan Masyaraka Islam di Indonesiat


     Contoh pengaruh budaya barat terhadap kehidupan masyarakat Islam di Indonesia antara lain yaitu:

Ø  Sering kami temui etika barat yang mempengaruhi kehidupan masyarakat Islam, seperti bermunculannya klub-klub malam di mana kita semua mengetahui di tempat ini terdapat kemaksiatan-kemaksiatan, tetapi ironisnya masyarakat Islam sendiri berada di tempat klub-klub malam ini.
Ø  Kemudian ada etika barat yang berdosa besar lalu masyaarakat Islam meniru seperti seks di luar nikah yang banyak dilakukan remaja-remaja dengan alasan cinta. Jelas-jelas perilaku seks di luar nikah sangat dilarang dan berdosa besar. Sehingga banyak berita bermunculan remaja Indonesia yang seks di luar nikah mengalami peningkatan. Ini sangat memprihatinkan.
Ø  Etika barat lain yang turut andil berperan mempengaruhi kehidupan masyarakat Islam ialah meminum khamar dan juga pemakaian Narkoba yang seharusnya digunakan untuk keperluan medis tetapi disalahgunakan oleh masyarakat umum.
Ø  Di lingkungan di sekitar kami dan seperti pada lingkungan umumnya sering ditemukan teman-teman yang beragama Islam memakai pakaian yang irit, ketat dan mini. Hal ini jelas bertentangan dengan etika Islam. Karena pakaian yang diperbolehkan dalam ajaran Islam ialah bagi wanita tertutup semua kecuali telapak tangan dan muka. Yang bagi laki-lakinya dari dada hingga lutut mesti tertutup serta tangan tertutup hingga siku. Hal ini akibat dari pengaruh etika barat yang masuk ke Indonesia. Persepsi mayoritas remaja / generasi muda terlihat galau dan tidak percaya diri pada etika islam. Menjadi bangga apabila mengikuti etika barat. Menurut generasi muda etika barat menjadi baramoter tingkat tren dan modern remaja-remaja masyarakat Islam khususnya Indonesia. Bagi yang mencontoh gaya ke arab-araban dikatakan masyarakat yang kuno. Kenapa kita mesti alergi dengan etika dalam kehidupan masyarakat Islam.

          Dalam menanggapi kasus di atas, kita sebagai warga Indonesia khususnya sebagai orang Islam harus pandai-pandai menyaring budaya barat yang masuk ke dalam negeri kita ini, yaitu dengan memilih budaya yang baik dan sesuai dengan budaya yang ada di negara kita dan menolak budaya yang dianggap menyimpang dari syariat Islam dan budaya kita. Hal ini kita lakukan senantiasa untuk menjaga keimanan kita supaya tetap terjaga, sehingga akhlak dan etika kita dalam bergaul dan menjalani kehidupan sehari-hari dapat diaplikasikan dengan baik, sekaligus menjaga kebudayaan yang sudah kita miliki ini.
Share:

0 Komen:

Posting Komentar