Selasa, 18 September 2018

Cara Mengembalikan Flag Counter yang Hilang di Blogger

Berawal dari gonta-ganti template blog pada September 2018, tidak sengaja ternyata saya menghapus data Flag Counter yang selama ini telah ada sejak tahun 2013. Alhasil, semua data count yang selama ini sudah terkumpul lumayan banyak, harus dimulai dari awal ketika ingin membuat Flag Counter baru. Asli ngenes. Setelah saya gugling sana-sini, sebenarnya saya mendapatkan solusinya. Namun, saya melihat cara tersebut sangat sulit untuk saya ikuti. Tidak menyerah sampai di situ, akhirnya saya mengunjungi website resmi Flag Counter. Dari sinilah, saya mendapatkan salah satu cara untuk mengembalikan data count Flag Counter kita yang hilang. Adapun caranya yaitu sebagai berikut:

  1. Buka http://flagcounter.boardhost.com/ di mesin pencarian Anda.
  2. Setelah muncul tampilan seperti di bawah ini, lalu lihat pada bagian Check the Internet Archive dan klik http://web.archive.org.

  3. Lalu, masukan URL blogger Anda ke dalam kotak biru. Untuk contoh saya memasukkan URL.
  4. Setelah memasukkan URL, Anda akan melihat tampilan data history blogger yang Anda miliki. Langkah selanjutnya, carilah angka yang bertuliskan huruf tebal. Untuk kasus di bawah, hanya terdapat dua saja, yaitu 16 Januari 2018 dan 14 Maret 2018. Lalu mana yang harus kita pilih?Oke, pilihlah tanggal yang paling mendekati terbaru, untuk kasus contoh ini, saya memilih tanggal 14 Maret 2018. Lalu, klik angka 14. 
  5. Selanjutnya, akan muncul data history blogger Anda, dan carilah gambar widget Flag Counter seperti contoh berikut. Jika sudah menemukannya, klik gambar tersebut. 
  6. Tunggu hingga muncul tampilan seperti berikut. Carilah tulisan Regenerate HTML di pojok kiri bawah, kemudian klik.
  7. Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut. Anda akan melihat data Flag Counter seperti yang ada pada Tahap 5. Jika ingin merubah tampilannya, Anda hanya perlu mengaturnya. Jika dirasa sudah seperti yang Anda inginkan, klik Get Your Flag Counter. Ikuti langkahnya.
  8. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode HTML Flag Counter data lama Anda tanpa harus memulai dari hitungan awal (0) lagi. Anda hanya perlu menyalinnya.
  9. Langkah terakhir setelah Anda mendapatkan dan menyalin kode HTML Flag Counter yaitu, Login ke akun blogger Anda - Tata Letak - Tambahkan Gadget - HTML/JavaScript - Masukkan judul dan kode HTML yang tadi kalian copy - Simpan
  10. SELESAI. Anda bisa mengeceknya di tampilan blogger Anda.
Semoga bermanfaat.
- Jumadi 2018
Share:

1 komentar: